Monday, February 19, 2007

My "BUBUR SUMSUM"




deuh..dari kmarenan pengen banget yang namanya makan bubur sumsum.. tapi kok yah bikinnya males-les..abis kalo di Jakarta, yang suka men-suplai bubur sumsum (hampir 1 minggu sekali) tuh tetangga gw yang orang Padang si Uni...baik banged nih orang hobby nya suka transfer2 masakan yang dia buat hari itu...gw kadang-kadang suka gak enak hati karena kalo di Jakarta kan gw termasuk ibu-ibu yang rajin masak...hihihiy..boro-boro deh! rajin nyuruh pembantu masak gitu loh maksudnye!...jadi yah....sebagai balasan hantaran biasanya suka gw kirimin makanan siap saji aja...seperti martabak, atau kue-kue yang ada ... Eh, gak taunya di sini, gw jadi terpaksa bikin & masak apa aja yang gw dan keluarga lagi mauin.... tuolooong!
Bahan bubur :
  • tepung beras 200 gr
  • tepung terigu 50 gr
  • santan 500 ml
  • Vanilli essence atau daun pandan
  • garam
Bahan kuah :
  • gula merah
  • daun pandan dilinting
  • gula pasir dikit
  • garam
Caranya :
Untuk bubur :
  1. Campur tepung beras & santan, aduk sampai menyatu
  2. Jerang adonan tsb, aduk-aduk sampai mengental dan halus
  3. Masukkan garam & vanilli essence /daun pandan, aduk lagi sampai matang, mengental & mendidih
Untuk kuah :
  1. Campur gula merah, gula pasir, garam dan air aduk-aduk.
  2. Jerang sampai mendidih. Saring.
Sajikan dengan menyiramkan kuah.... pls enjoy it !
nb : agar bubur tidak apek, sebaiknya tepung beras dijemur terlebih dahulu

No comments: